Kamis, 01 Oktober 2015

Tugas Perilaku Konsumen

Nama : Gita Putri Ramadhini
NPM : 13213760
Kelas : 3EA12
Matkul : Perilaku Konsumen

1.     Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.

2.     Segmentasi pasar
Merupakan proses membagi-bagi pasar yanng semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku lebih seragam. Secara umum tujuannya untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.

3.     Segmentasi dan kepuasan konsumen
Menurut Philip Kotler, kepuasan konsumen adalah hasil yang dirasakan oleh pembeli yang mengalami kinerja sebuah perusahaan yang sesuai dengan harapannya. Kepercayaan konsumen merupakan hal yang ingin di dapat setiap perusahaan dari para konsumennya.
Macam-macam atau Jenis kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
            a.       Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau
                  pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi
                  kenyang.
            b.      Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang
                  bersifat  tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan
                  yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah

4.     Penggunaan segmentasi dalam strategi pemasaran
Agar segmen pasar dapat bermanfaat maka harus memenuhi beberapa karakteristik :
            1)      Measurable : Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun
                  ada beberapa variabel yang sulit diukur.
            2)      Accessible : Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
            3)      Substantial : Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk
                  dilayani
            4)      Differentiable : Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan
                  memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen-elemen dan bauran
                  pemasaran yang berbeda.
            5)      Actionable : Program yang efektif dapat dibuat untuk menarik 

5.     Analisis konsumen dan kebijakan sosial
           ·         Analisis konsumen berguna untuk melihat bagaimana konsumen mengambil
                   keputusan dan peran pemasaran di dalamnya.
           ·         Analisis kebijakan (policy analysis) dapat dibedakan dengan pembuatan atau
                   pengembangan kebijakan (policy development). Analisis kebijakan tidak
                   mencakup pembuatan proposal perumusan kebijakan yang akan datang.
                   Analisis kebijakan lebih menekankan pada penelaahan kebijakn yang sudah
                   ada. Sementara itu, pengembangan kebijakan lebih difokuskan pada proses
                   pembuatan proposal perumusan kebijakan yang baru.

6.     Proses keputusan membeli
Menurut Engel (1995) proses keputusan membeli yaitu bahwa proses pengambilan keputusan membeli mengacu pada tindakan konsisten dan bijaksana yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Dan berikut ini adalah tahap-tahap dalam proses keputusan membeli :
            1)      Pengenalan masalah (problem recognition) : Konsumen akan membeli suatu
                  produk sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapinya. Tanpa adanya
                  pengenalan masalah yang muncul, konsumen tidak dapat menentukan produk
                  yang akan dibeli.
            2)      Pencarian informasi (information source) : Setelah memahami masalah yang
                  ada, konsumen akan termotivasi untuk mencari informasi untuk menyelesaikan
                  permasalahan yang ada melalui pencarian informasi : Proses pencarian informasi
                  dapat berasal dari dalam memori (internal) dan berdasarkan pengalaman orang
                  lain (eksternal).
            3)      Mengevaluasi alternatif (alternative evaluation) : Setelah konsumen mendapat
                  berbagai macam informasi, konsumen akan mengevaluasi alternatif yang ada
                  untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya.
            4)     Keputusan pembelian (purchase decision) : Setelah konsumen mengevaluasi
                  beberapa alternatif strategis yang ada, konsumen akan membuat keputusan
                  pembelian. Terkadang waktu yang dibutuhkan antara membuat keputusan
                  pembelian dengan menciptakan pembelian yang aktual tidak sama dikarenakan
                  adanya hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.
            5)     Evaluasi pasca-pembelian (post-purchase evaluation) : merupakan proses
                  evaluasi yang dilakukan konsumen tidak hanya berakhir pada tahap pembuatan
                  keputusan pembelian. Setelah membeli produk tersebut, konsumen akan
                  melakukan evaluasi apakah produk tersebut sesuai dengan harapannya.
                  Dalam hal ini, terjadi kepuasan dan ketidakpuasan konsumen.

7.     Faktor-faktor yang mempengaruhi pemecahan masalah
            a)      Trial & error : Coba dan salah. Cara ini merupakan metode yang paling rendah
                  tingkatannya, dilakukan oleh orang yang belum pernah mengalami/ mengenal
                  dan belum tahu sama sekali. Dalam keperawatan ini sangat berbahaya dan tidak
                  boleh dilakukan. Contohnya : ada klien panas, dicoba diurut, dicoba diberi
                  makan, dicoba ditiup, tdk berhasil dicoba diberi minum, dibuka baju, diberi
                  kompres sampai berhasil panasnya turun, dll.
            b)      Intuisi : penyelesaian masalah dengan intuisi atau naluri/ bisikan hati.
                  Penyelesaian dengan cara ini kurang dianjurkan dalam metode ilmiah, karena
                  tidak mempunyai dasar ilmiah.   Kadang-kadang metode ini juga dapat
                  memberikan jalan keluar bila intuisi ini berdasarkan analisis atau pengalaman,
                  dan pengetahuan yang dimiliki.
             c)    Nursing process : Proses keperawatan merupakan suatu langkah penyelesaian
                  masalah yang sistematis dan didukung oleh rasionalisasi secara ilmiah meliputi :
                  pengkajian, perencanaan, implementasi dan evaluasi yang merupakan suatu
                  siklus untuk mengatasi masalah yang terjadi pada klien.
             d)   Scientifik methode/Research Process  : Proses riset / penelitian merupakan suatu
                  penyelesaian masalah berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan logika,
                  dengan pendekatan yang sistematis.  

8.     Membedakan antara keputusan membeli yang direncanakan sepenuhnya, tidak direncanakan dan pembelian yang direncanakan sebagian
           ·         Pembelian yang direncanakan: biasanya terjadi berdasarkan kebutuhan,
                   artinya si konsumen memang membutuhkan barang-barang tertentu.
           ·         Pembelian yang tidak direncanakan : terjadi karena konsumen melihat
                   atau merasakan manfaat lain dari manfaat utama produk yang mereka beli.


Referensi :
http://widyapramesthy.blogspot.co.id/2013/10/prilaku-konsumen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar