Kamis, 01 Oktober 2015

Cara Menemukan Minat dan Bakat

Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang cara menemukan minat dan bakat. Dalam hidup ini hal yang paling susah untuk ditemukan salah satunya adalah minat dan bakat. kenapa ? karena hal tersebut juga merupakan yang saya alami. Padahal sebenarnya minat dan bakat itu merupakan hal yang sangat penting untuk kita, soalnya dengan menemukan minat dan bakat kita dapat menentukan tujuan hidup dan lebih mudah untuk mencapai kesuksesan.

Sebelum kita lanjut membahas cara menemukan minat dan bakat, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sih definisi dari minat dan bakat tersebut :
·         Minat adalah suatu keinginan yang mendorong diri seseorang untuk fokus pada suatu objek.
·         Bakat adalah suatu keahlian alami yang dimiliki seseorang dari lahir.

Setelah mengetahui apa definisi dari minat dan bakat, berikut ini adalah beberapa cara menemukan minat dan bakat. Tetapi sebelumnya saya ingin memberitahu bahwa dengan menemukan minat dan bakat, akan sangat membantu kita menemukan kerja dan usaha yang sesuai, dan khususnya untuk murid-murid SMA bermanfaat untuk menentukan pilihan jurusan kuliah nanti, jadi ngga ada lagi nanti yang ngomong salah milih jurusan yang akhirnya membuang waktu untuk mencoba jurusan lain. 

v    Mencari Minat
Bagaimana cara menemukan minat
? cara mengetahui minat dapat dilakukan dengan mendata apa minat kita. Minat biasanya tumbuh karena adanya kecerdasan di bidang itu. Misalnya kalian cerdas dalam negosiasi dan melobi. Kemungkinan minat kalian terletak pada INTERPERSONAL dan LINGUISTIC. Semua hal yang berhubungan dengan kecerdasaan interpersonal dan linguistic akan mudah kalian kuasai. Misalnya kemampuan public speaking, menulis, atau membangun tim.

v    Dari Minat, Munculah Bakat
Dari berbagai kegiatan yang anda lakukan sesuai minat anda, anda bisa secara perlahan merasakan keahlian alami atau bakat anda. Ada yang perlu diingat, kalau bakat itu gak cuman ada satu aja, karena manusia itu adalah mahluk multi talenta, hanya saja dari beberapa bakat yang anda miliki, hanya akan ada satu bakat yang paling dominan atau menonjol dari diri anda.


Mungkin hanya ini yang bisa saya tulis mengenai cara menemukan minat dan bakat. Jadi mulai dari sekarang carilah bakat-bakat anda yang masih terpendam. Kalau anda belum menemukan bakat anda atau merasa hanya memiliki satu bakat aja, berarti anda masih kurang usaha untuk menemukannya dan kurang rajin untuk melakukan banyak kegiatan. Semakin cepat anda menemukan bakat anda, semakin cepat juga anda dapat mengembangkannya dan menggali potensinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar