Sabtu, 11 Oktober 2014

Keanekaragaman Budaya Di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya yang melimpah. Selain itu indonesia juga memiliki keanekaragaman budaya yang begitu banyak dan beragam dari sabang sampai merauke yang tidak ternilai harganya. Tetapi hal yang sangat disayangkan adalah seiring dengan berjalannya waktu pertumbuhan dan perkembangan gaya hidup dan teknologi semakin mengikuti budaya kebarat-baratan sehingga banyak yang bilang kebudayaan asli indonesia sangat kuno atau ketinggalan zaman. Sebelum membahas apa saja budaya yang telah hilang dari kebiasaan sehari-hari kita, lebih baik kita mengetahui apa itu budaya.
Budaya merupakan suatu kebiasaan yang mengandung nilai – nilai penting dan fundamental yang diwariskan dari generasi ke generasi. Warisan tersebut harus dijaga agar tidak luntur atau hilang sehingga dapat dipelajari dan dilestarikan oleh generasi berikutnya. Budaya secara umum dapat dibagi menjadi dua macam yaitu :
1. Budaya Daerah adalah suatu kebiasaan dalam wilayah atau daerah tertentu yang diwariskan
    secara turun temurun oleh generasi terdahulu pada generasi berikutnya pada ruang lingkup
    daerah tersebut. Budaya daerah ini muncul saat penduduk suatu daerah telah memiliki pola
    pikir dan kehidupan sosial yang sama sehingga itu menjadi suatu kebiasaan yang
    membedakan mereka dengan penduduk – penduduk yang lain. Budaya daerah sendiri mulai
    terlihat berkembang di Indonesia pada zaman kerajaan – kerajaan terdahulu.
2. Budaya Nasional adalah gabungan dari budaya daerah yang ada di Negara tersebut. Itu
    dimaksudkan budaya daerah yang mengalami asimilasi dan akulturasi dengan dareah lain di
    suatu Negara akan terus tumbuh dan berkembang menjadi kebiasaan-kebiasaan dari Negara
    tersebut.
Akhir-akhir ini banyak sekali warga indonesia yang kurang peduli tentang budaya indonesia. Selain itu karya-karya luar biasa yang dikeluarkan para seniman indonesia juga banyak yang di lirik oleh negara lain. Hal ini disebabkan karena terlambatnya mematenkan suatu budaya dan benda-benda peninggalan zaman dulu yang ada di indonesia. Selain itu budaya indonesia yang sudah sangat jarang kita lihat adalah cium tangan orang tua, ketika kecil hal ini sering diajarkan oleh orang tua kita untuk dilakukan sebelum berpergian seperti berangkat sekolah atau berpamitan keempat lain tetapi setelah dewasa hal ini jarang dilakukan karena terkadang merasa gengsi atau malu jika dilihat oleh teman-temannya, padahal ini sangat penting untuk kita menanamkan rasa cinta, hormat dan terima kasih kita kepada orang tua. Senyum dan sapa, penggunaan tangan kanan, musyawarah hal ini sering kita gunakan ketika sedang melakukan pertemuan warga untuk membahas suatu masalah dengan dibicarkan secara baik-baik tapi sekarang jika ada masalah seperti pencurian dan tertangkap warga yang melihat langsung memukulinya dan main hakim sendiri tanpa memikirkannya dengan kepala dingin, dan gotong royong budaya ini sudah jarang sekali kita temukan khususnya di kota-kota besar karena saat ini kebanyakan penduduk kota hanya mementingkan egonya dan bersikap cuek terhadap kesusahan orang lain.
Kebudayaan lainnya yang terdapat di indonesia yaitu ada rumah adat, tarian tradisional, pakaian tradisional, alat musik, lagu dan bahasa daerah. Rumah adat di indonesia bermacam-macam bentuknya dan setiap rumah adat mempunyai nilai seni tersendiri. Contohnya rumah adat dari provinsi jawa tengah yaitu rumah joglo, rumah ini terbuat dari kayu yang memiliki nilai seni yang cukup tinggi dan hanya dimiliki oleh orang yang mampu pada zaman dahulu seperti kaum bangsawan. Tetapi dizaman yang semakin maju ini rumah joglo juga digunakan untuk fungsi lain seperti gedung pertemuan dan kantor-kantor.Dengan banyaknya kebudayaan daerah yang kita miliki hal ini akan menjadi sumber kebudayaan nasional untuk negara indonesia.
Tarian tradisional yang ada di indonesia juga banyak seperti tari saman, tari piring, tari jaipong dan tarian lainnya. Tari-tarian ini mungkin sudah jarang kita lihat walaupun ada, mungkin hanya ditampilkan pada acara-acara khusus dan biasanya yang masih mengajarkan tarian tradisonal hanya sekolah-sekolah atau sanggar tari tradisonal. Sama halnya dengan lagu daerah banyak masyarakat indonesia yang sekarang ini kurang mengetahui apa saja lagu daerah, dan darimana asal lagu tersebut. Tetapi dengan gampangnya mereka menghafal lagu barat yang lebih modern yang banyak berkembang di bangsa ini. Hal ini sangat memprihatinkan untuk negara kita karena banyak sekali keanekaragaman budaya tetapi juga banyak sekali yang tidak mengetahiunya.
Kemudian budaya lain yang mulai menghilang dari bangsa ini adalah dari cara berpakaian, sekarang sebagaian rakyat indonesia lebih menyukai berpakaian ala orang barat yang berpakaian ketat dan terlihat lekuk tubuhnya. Coba jika kita disuruh memakai batik atau kebaya ? pasti banyak anak muda yang menolak padahal batik dan kebaya zaman sekarang sudah banyak yang modern dan tidak ketinggalan zaman dan bisa tetap tampil modis dalam berpakaian. Lalu dalam hal pertunjukan, sekarang ini sudah jarang diadakan pertunjukan tradisional seperti wayang kulit, lenong, ketoprak, reog, kalaupun ada pasti sedikit peminatnya karena mereka beralih dan lebih memilih untuk menonton bioskop dengan tayangan yang lebih seru dan menarik. Padahal pertunjukan tradisional tidak kalah menariknya dengan pertunjukan lainnya dizaman sekarang ini.
Tradisi dan budaya indonesia kebanyakan dilestarikan oleh orang lanjut usia atau orang yang dari dulu menyukai kebudayaan daerah, sedangkan yang muda hanya sebagian yang mau melestarikannya. Padahal jika bukan kita generasi muda yang meneruskan dan melestarikan budaya indonesia siapa lagi ?
Keanekaragaman budaya di indonesia memang memiliki banyak perbedaan tetapi dari perbedaan tersebut jangan dijadikan sebagai alasan untuk saling memisahkan diri namun sebaiknya kita jadikan bahan untuk perekat dan jadikan perbedaan itu sebagai sesuatu kekayaan yang dimiliki oleh bangsa ini. Untuk itu saya mengajak kita semua generasi muda penerus bangsa untuk senantiasa melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada di indonesia supaya budaya tersebut tidak hilang, tidak direbut dan tidak diakui oleh negara lain dan tetap menjadi ciri khas negara yang kita cintai ini dan jangan lupa untuk tetap bangga akan apa yang dimiliki oleh bangsa ini dan menjaganya dengan sebaik-baiknya.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar